Pentingnya Pendidikan Politik dan Hukum Bagi BPD Dalam Menjalankan Tugas dan Fungsinya

terasbjn1
Img 20240518 Wa0056

SIDOARJO | MMCJATIM –  Untuk meningkatkan kapasitas dan Sumber daya manusia ,Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Forum BPD kabupaten sidoarjo bersama wakil ketua DPRD Jatim Anik Maslacah menggelar sosialisasi pentingnya pendidikan politik dan hukum bagi para BPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Kegiatan yang diadakan di Hotel Luminor ini di hadiri pengurus dan 104 peserta dari seluruh BPD se kecamatan Sukodono. Sabtu (18/5/2024).

Dalam keterangannya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Anik Maslachah, M.Si. menyampaikan untuk bisa menjadi desa maju, pertumbuhan ekonomi berangkat dari desa. Hari ini pertumbuhan ekonomi Jawa Timur luar biasa, diatas rata-rata nasional. Tetapi kemiskinan Jawa Timur masih diatas rata – rata nasional. Maka butuh eksplorasi potensi dari desa. Desa mandiri di Jawa Timur sudah ada 500 lebih desa, dari 805 desa di Jawa Timur dan itu tertinggi nasional. Maka mitra kerja kepala desa adalah BPD oleh karena BPD harus ada peningkatan kapasitas. Forum ini lah yang menjadi salah satu fasilitas untuk bisa melakukan up grading kapasitas terkait tupoksinya BPD. Sehingga besar harapan kepala desa oke, BPD oke tentu desa makin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Disinggung mengenai insentif BPD yang sangat minim, Anik menyampaikan Sidoarjo tahun ini sudah ada insentif RT dan itu juga penting karena pelayan dasar adalah RT dan RW. Namun BPD ini DPR nya desa maka perlu ada perimbangan yang cukup. Saat ini insentif anggota BPD Rp 600 rb sedangkan ketua BPD Rp 900 rb, ya tentu kita lihat potensi fiskal daerah. Bagi kami Sidoarjo cukuplah jika insentif BPD ada peningkatan, karena angka itu mulai tahun 2018 kurang lebih sudah 6 tahun sehingga perlu peningkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *