BIN dan Sejumlah Unsur Aparat Gabungan Lakukan Pengamanan KTT WWF ke-10 di Bali

maksumafnani2023
Screenshot 20240514 120858 Copy 720x500

JAKARTA || MMC-JATIM – Penyelenggaraan KTT World Water Forum (WWF) atau forum air tingkat dunia 18-25 Mei 2024 di Bali, menjadi peluang dan momentum bagi Indonesia, untuk kembali menunjukkan kemampuan negara ini dalam memimpin sebuah event bertaraf tingkat dunia.

Kesuksesan Tanah Air dalam menjalankan forum tersebut juga tidak terlepas dari peran BIN bersama aparat gabungan TNI, Polri, BSSN, BNPB, Kementerian/Lembaga dan stakeholder terkait yang terus bersinergi melakukan pengamanan wilayah, jelang perhelatan internasional tersebut.

Sekretaris Utama (Sestama) BNPT, Bangbang Surono, mengtakan pihaknya ikut mengamankan jalannya acara tersebut. BNPT berupaya mencegah aksi teror yang dapat mengganggu agenda internasional tersebut.

“BNPT sebagai _leading sector_ penanggulangan teror memiliki tugas mengkoordinasikan dan melaksanakan pencegahan terhadap potensi aksi radikal terorisme yang dapat berdampak buruk terhadap citra Indonesia di mata dunia,” kata Bangbang.

Bangbang juga menjelaskan bahwa pihaknya bersama unsur intelijen lainnya (BIN dan Paspampres) akan melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya mengevaluasi _assesment_ sistem pengamanan lingkungan dan objek vital nasional (obvitnas).

“Juga akan mengkoordinasikan aparat keamanan dan juga komunitas intelijen baik nasional maupun daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Roedy Widodo menjelaskan, serangkaian kegiatan pengamanan dilakukan mulai dari asesmen sistem pengamanan pada lokasi kegiatan utama serta melakukan rapat koordinasi dengan BIN dan unsur intelijen yang ada di daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *