Upaya Cegah Gangguan, PLN Icon Plus Lakukan Operasi Pembongkaran Kabel Optik Obsolete di Tower SUTT dan SUTET

maksumafnani2023
Img 20240323 Wa0007

Pekerjaan pembongkaran kabel optik obsolete diatas tower SUTET memiliki risiko sangat tinggi (foto:istimewa)

Surabaya ||Mmcnews – 21 Maret 2024. Salah satu keunggulan PLN IconPlus adalah jalur backbone antar provinsi menggunakan jalur SUTT/SUTET. Meskipun lebih aman dan minim gangguan namun pemeliharaanya cukup beresiko tinggi, karena berdampingan dengan kabel teganggan tinggi PLN. Oleh karena itu, kabel-kabel fiber optik yang berada dijaringan SUTT/SUTET ini rutin dilakukan tindakan pencegahan dan pemantauan berkala, agar tidak menyebabkan gangguan jaringan internet dan jaringan kelistrikan.

Salah satu pencegahannya adalah melakukan peremajaan kabel dan melakukan pembongkaran kabel-kabel fiber optic yang usianya sudah diatas 10 tahun. Pada tanggal 7 – 13 Maret 2024, tim pemeliharaan tower PLN Icon Plus melakukan pembongkaran kabel fiber optic segmen GI Balongbendo – GITET Surabaya Barat. Pekerjaan dilakukan oleh 8 orang pelaksana, 2 orang pengawas pekerjaan, dan 1 orang pengawas K3.

Right of Ways (ROW) di tiang-tiang milik PLN sudah seharusnya sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada holding dan pelanggan maka akan terus melakukan kegiatan penataan ini dengan PLN unit-unit setempat demi terjaganya aset-aset ketenagalistrikan, layanan yang handal bagi seluruh pelanggan dan juga estetika kota tersebut.“ tutur Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi.

PLN Grup menegaskan komitmennya untuk meningkatkan layanan listrik dan konektivitas yang berkualitas dan handal di Banyuwangi khususnya. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan di kota-kota lain di Jawa Timur. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *