Peringati World Rabies Day, Pemkab Bojonegoro Gelar Vaksin Gratis dan Kontes Kucing Sehat

mmcnews00

Bojonegoro|MMCJatim– Dalam rangka memperingati World Rabies Day, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jatim VI akan menyelanggarakan program sosialisasi zoonosis, vaksinasi rabies gratis dan kontes kucing sehat. Acara akan digelar Sabtu (7/10/2023) dengan tema “All For One, One Health For All”.

Kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan prima dan pengimplementasian keterbukaan infomasi publik.

Kepala UPTD Puskeswan drh. Indra Firmansyah mengatakan pelaksanaan vaksinasi rabies dan kontes kucing akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan dan halaman Kantor Disnakkan Bojonegoro. Para peserta dapat mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan kuota karena vaksin yang disediakan terbatas.

“Vaksin rabies ini dilakukan dengan jumlah sasaran 200 ekor hewan, sesuai jumlah dosis yang telah disiapkan,” ungkap drh. Indra saat dikonfirmasi Rabu (4/10/2023).

Selain vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan kucing, Disnakkan juga mengadakan kontes kucing sehat yang akan diambil 3 kategori penilaian. Kontak pendaftaran untuk vaksin 0856-3044-277 (drh. Lia), pendaftaran untuk kontes 0821-32395055 (drh. Aulia), sementara untuk pendaftaran bazar dapat menghubungi 0813-5000-1524 (drh. Teguh).

Ia melanjutkan, syarat agar hewan peliharaan dapat divaksin rabies yaitu umur hewan minimal 4 bulan, hewan dalam keadaan sehat bebas dari kutu dan jamur, hewan tidak sedang bunting dan sudah mendapatkan obat cacing.

“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang tepat sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan menular, khususnya penyakit zoonosis,” tambah drh. Indra. [del/nn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *