KPU Bojonegoro Gelar Kirab Pemilu, Bupati Anna Ajak Warga Gunakan Hak Pilih untuk Masa Depan

mmcnews00

Bojonegoro|MMCJatim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menggelar Kirab Pemilu Tahun 2024. Rangkaian acara kirab dimulai dengan pembukaan Senin (18/9/2023) hingga penutupan pada Sabtu (23/9/2023).

Opening Ceremony Kirab Pemilu dilaksanakan di Jl. Mas Tumapel depan Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro. Acara ini sekaligus dirangkai dengan serah terima PATAKA kepada KPU Bojonegoro oleh KPU Lamongan.

Sebelumnya Kirab Pemilu diadakan di Kabupaten Lamongan pada 12-17 September 2023. Kirab ini sebagai wujud sosialisasi kepada masyarakat dalam memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang. Selain itu, kirab ini juga ajang sosialisasi tentang partai peserta Pemilu 2024 dan bendera partai.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro Fathkur Rohman mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bojonegoro atas bantuan dan dukungan dalam pelaksanaan Kirab Pemilu 2024. Kabupaten Bojonegoro sendiri merupakan jalur ke 7 Kirab Pemilu tahun 2024.

Ia menjelaskan dalam pasal 22 E UUD 1945 menyebutkan pemilu merupakan hajat nasional, oleh karena itu semua pihak harus ikut serta berpartisipasi menyukseskan pemilu tahun 2024. “Mari gunakan hak pilih pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024,” ujar Fathkur.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyebutkan bahwa kirab ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam penguatan kelembagaan pemerintah baik nasional, provinsi maupun kabupaten/kota. Menurut Bupati Anna, dalam pemilu 2024 ini peristiwa yang sangat menentukan karena terdapat pemilihan Presiden untuk menentukan arah kebijakan.

Terkait Pemilu, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pemkab Bojonegoro telah menyisir beberapa pemilih pemula usia 17 tahun. Pemkab melakukan rekap kartu tanda penduduk (KTP) di SMA sederajat di wilayah Bojonegoro. Nantinya jika siswa telah dilakukan rekam dan rekap, KTP akan langsung dicetak dan diberikan kepada yang bersangkutan jika sudah berusia 17 tahun.

“Itulah gambaran Pemkab Bojonegoro senantiasa merespon terhadap pastisipasi masyarakat untuk ikut memilih dalam pemilu 2024,” kata Bupati Anna.

Bupati menegaskan atas nama Pemkab Bojonegoro mengucapkan terima kasih karena diberikan kepercayaan untuk menerima dan melanjutkan bendera kirab dalam Kirab Pemilu 2024. Tidak semua kabupaten mendapatkan kesempatan ini.

“Bagi warga yang sudah mempunyai hak pilih, ayo kita datang ke TPS pada pemilihan nanti dan gunakan suara anda dalam menentukan pemimpin yang mengatur kebijakan kedepannya khususnya Jawa Timur maupun nasional,” tutup Bupati Anna.

Acara kirab dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi serta serah terima bendera Merah Putih dan KPU. [del/nn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *