45 Kades Di Jombang Menerima “Lencana Desa Mandiri”

admin

JOMBANG | MMCJATIM – Penganugerahan Lencana Bhakti Desa Madya kepada Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab Dan 45 Lencana Desa Mandiri kepada 45 Kepala Desa dengan status Desa Mandiri dilaksanakan di pendopo Kabupaten Jombang, pada Kamis (14/9/2023) siang.

Lencana dan Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Dr. (Hc) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd. kepada Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang Atas Komitmen dan Kerja Keras dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Desa. Sehingga Seluruh Desa di Kabupaten Jombang Mencapai Status Mandiri dan Maju.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jombang, menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus terima kasih kepada Menteri Desa, PDTT -RI beserta rombongan di Kabupaten Jombang.

“Alhamdulillah, sesuai janji Pak Menteri, beliau akan datang langsung ke Kabupaten Jombang dalam rangka penganugerahan penghargaan Bhakti Desa Madya dan 45 Lencana Desa Mandiri. Semoga dengan penghargaan ini menambah semangat dan motivasi untuk Jombang menjadi lebih baik”, tutur Bupati Mundjidah Wahab dalam sambutannya.

Disampaikan oleh Bupati Mundjidah Wahab menurut Indeks Data Membangun (IDM) tahun 2023 Desa Mandiri yang awalnya berjumlah 47 menjadi 91, Desa Maju yang awalnya 176 menjadi 211 serta Desa berkembang dari 79 Desa kini sudah tidak ada.

“Keberhasilan peningkatan status desa ini merupakan kerja bersama pemerintah Kabupaten Jombang dengan Pemerintah Desa.
Salah satu bentuk kebijakan pemerintah Kabupaten Jombang berdasar dengan visi dan misi Kabupaten Jombang 2018-2023 yaitu ‘’Meningkatkan Daya Saing Perekonomian Daerah Berbasis Kerakyatan, Potensi unggulan lokal dan industri’’ bertujuan meningkatkan keberdayaan desa dengan mendukung Indeks Data Membangun (IDM) yaitu pembangunan sanitasi lingkungan, rehabilitasi desa, perluasan akses kesehatan, serta bantuan usaha kepada kepala rumah tangga.

“Terima kasih saya sampaikan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Jombang kepada seluruh Kepala Desa, perangkat desa serta semua warga yang telah bekerja keras untuk mencapai prestasi ini. Hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi kita karena turut berjibaku membangun desa.
Namun penghargaan ini juga membawa tanggung jawab besar karena merupakan tantangan untuk tetap bekerja keras, tetap menjaga semangat gotong royong”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

“Untuk seluruh perangkat desa mari kita lanjutkan dan terus semangat dalam memberikan pelayanan masyarakat karena sebagai pelayan masyarakat sudah seharusnya birokrasi melakukan inovasi dalam melayani. Saya berharap dengan adanya penghargaan atas capaian Bhakti Desa Madya dan Desa Mandiri ini dapat meningkatkan semangat kita dalam memberikan pelayanan yang prima, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jombang” pungkasnya.

Reporter: Jum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *