Musim Panen Tembakau, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Bersama Disperta Kunjungi Petani

admin

JOMBANG | MMCJATIM – Panen Raya Tembakau Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab Bersama Kepala Dinas Pertanian Jombang Much Rony di Desa Banjardowo, kecamatan Kabuh, pada rabu (13/9/23)

Sekaligus memberikan sosialisasi kepada para petani tembakau untuk lebih baik dalam menanam tembakau agar mendapatkan hasil panen yang melimpah dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Perwakilan Dinas Perkebunan Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian, Perwakilan Dinas-Dinas, Kapolres Jombang, Dandim Jombang, Forkopimda, Sekda, Camat Kabuh, Kepala Desa Kabuh dan Para petani tembakau.

Kepala Dinas Pertanian Jombang Much Rony mengatakan potensi para petani tembakau wilayah utara sungai brantas khususnya Kecamatan Kabuh merupakan petani dengan hasil tembakau terbaik, Pasalnya jumlah lahan dan jumlah hasil panen tembakau seiring bertambahnya tahun mendapatkan hasil penambahan jumlah panen yang meningkat signifikan dan komoditas tembakau yang di tanam merupakan komoditas yang unggul dan memiliki nilai jual yang tinggi.

“menghimbau agar Para Petani Di Kecamatan Kabuh khususnya Desa Banjardowo untuk terus menjaga hasil panen yang melimpah yaitu dengan cara mencukupi nutrisi tembakau dengan cara teratur dalam memberikan pupuk serta waspada terhadap perubahan iklim dan serangan hama”, jelasnya Kadis Pertanian

Dengan adanya Program bantuan ‘Berkadang’ semoga masyarakat desa banjardowo dapat memanfaatkan dengan baik demi kesejahteraan para petani, Pasalnya tahun ini merupakan tahun terakhir bantuan tersebut untuk tahun depan tidak ada lagi” Tambahnya.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyampaikan agar para petani tembakau Desa Banjardowo terus meningkatkan hasil panen tembakau mengingat tembakau merupakan komoditas tanam unggulan di Kecamatan kabuh.

Kita harus meningkatkan SDM dengan cara mengikuti pelatihan pelatihan dalam bidang pertanian mengingat zaman sekarang serba canggih kalau tidak mengikuti perubahan zaman kita akan tertinggal, Kita harus belajar dengan negara Korea karena di sana sudah di terapkan teknologi dalam pertanian sehingga memudahkan para petani dalam bekerja”, katanya

Di penutup acara Bupati Jombang bersama Dinas Pertanian Jombang memberikan bantuan kepada para petani Desa Banjardowo berupa: Angkutan Motor 3 roda 10 unit, Pompa Air 10 unit, Traktor 10 Unit, Terpal 63 buah dan membangun jalan usaha tani sepanjang 1690 meter, pungkasnya.

Reporter: Jum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *