Tumplek Blek, Kades Kedunglumpang Dan Warga Meriahkan Karnaval Memperingati HUT RI Ke- 78

admin

JOMBANG | MMCJATIM – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, Pemerintah Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang ikuti pawai karnaval se Kecamatan.

Dari pihak Kecamatan Muhtar, dan Kapolsek AKP Bambang Setyo Budi, Danramil Kapten Infranti Hernawan, beserta semua jajarannya ikut andil didalam kegiatan karnaval untuk penertiban dan keamanan supaya berjalan dengan lancar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk kembali makna dari kemerdekaan RI tahun 1945 silam, baik di lingkungan pemerintah kecamatan, maupun Pemerintah Desa. Dan kalangan masyarakat. Hal ini disampaikan Jupri Kades Kedunglumpang, disela-sela kegiatan karnaval dalam wawancaranya MMCJATIM, Rabu (30/08/2023).

Dikatakannya, kegiatan tersebut juga sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak mengenai aneka budaya yang ada di lndonesia. Disamping itu, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. “Kami sangat mengapresiasi antusias masyarakat yang menghadiri kegiatan ini. Dan ini harus terus kami tanamkan sebagai bentuk syukur kepada pahlawan yang telah memerdekakan Negara Indonesia ini,” katanya.

Disamping itu juga, masyarakat juga bisa meningkatkan perekonomiannya melalui usaha-usaha kecil, baik itu pedagang mainan, jajanan dan aneka lainnya. Mengingat sepanjang perayaan tersebut, masyarakat yang memiliki usaha musiman tumpah ruah berjualan di setiap event yang diselenggarkan. “Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap mereka yang memiliki usaha musiman bisa menambah kebutuhan ekonominya melalui usaha yang mereka geluti,” ujarnya.

Dijelaskannya, terselenggaranya kegiatan tersebut diawali dengan pembentukan panitia yang melibatkan semua pihak, diantaranya pemerintah kecamatan, unsur pemerintah desa, Kecamatan, karang taruna, mahasiswa, dan juga pihak Kepolisian, Danramil, serta Satlinmas desa.

Kemudian pihaknya melakukan sosialisasi ke masing-masing institusi pendidikan yang tersebar di Kecamatan Mojoagung, mulai dari tingkat tingkat TK/Paud, SD, SMP/MTS dan umum. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam membantu mensukseskan setiap kegiatan ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kades Jupri berharap kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan kedepannya. Mengingat antusias masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan tersebut. “lni akan terus kita lakukan setiap tahunnya. Dan kami berharap di tahun ke depan akan lebih meriah dan semarak lagi,” pungkasnya.

Jupri menambahkan, untuk pawai karnaval tahun ini diikuti puluhan peserta yang terdiri dari ibu- ibu PKK/ karang taruna dan warga. Dimana kegiatan tersebut di lakukan star di Betek, Jl. Sayyid Sulaiman dan melewati Jl. Raya Mojoagung menuju finish di Lapangan Miagan, “Alhamdulillah antusias dan semangat masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini,” jelasnya.

Reporter: Jum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *