Kekompakan Guyub Rukun Warga Desa Seketi Semarakkan Kemerdekaan HUT RI Ke-78

admin

JOMBANG | MMCJATIM – Pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 tepat jam 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta Pusat bangsa Indonesia merayakan proklamasi kemerdekaan. Kepastian itu didapatkan setelah Jepang menyerah kepada sekutu akibat kota Hiroshima dan Nagasaki di bombardier oleh sekutu. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh para pejuang kemerdekaan yang dipimpin oleh Ir. Sukarno dan Drs. Muh. Hatta untuk membacakan teks proklamasi kemerdekaan didepan seluruh rakyat Indonesia yang hadir dan disiarkan melalui saluran radio ke seluruh penjuru Indonesia.

Sejarah perjuangan yang begitu panjang, maka setiap tanggal 17 Agustus seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Banyak hal yang dilakukan setiap tanggal 17 Agustus diantaranya diadakannya upacara peringatan hari kemerdekaan, kewajiban mengibarkan bendera merah putih di seluruh penjuru Indonesia, dan kegiatan-kegiatan yang lainnya mulai dari lomba-lomba, ziarah ke makam pahlawan dan juga kegiatan pawai atau karnaval di berbagai daerah di Indonesia. Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang salah satu wilayah yang menyelenggarakan kegiatan karnaval secara rutin setiap tahunnya dalam rangka untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Karena itu diadakannya karnaval yang dilakukan seluruh desa, Kecamatan Mojoagung tahun 2023 yang di saksikan oleh Camat Mojoagung Muhtar, Kapolsek Mojoagung AKP Bambang Setyo Budi, Danramil Mojoagung Kapten Infantri Hernawan. Beserta jajarannya. Guna pengawalan maupun keamanan berjalannya karnaval lancar dan sukses.

Maka itu karnaval budaya yang di laksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Agustus 2023 ini dengan tema “Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat” dan subtema” Hikmah Desa Seketi Berbudaya, Masyarakat Sejahtera.

Untuk Start karnaval di laksanakan oleh seluruh desa dan Kepala Desa se-Kecamatan Mojoagung ini menempuh perjalanan jarak kurang lebih 2,3 kilometer yang dimulai dari start di Lapangan Betek hingga finis di lapangan Miagan. dengan melintasi jalan Jl. Sayyid Sulaiman dan Jl. Raya Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Adanya pawai karnaval kemerdekaan kali ini disambut sangat antusias oleh masyarakat Mojoagung, dengan dibuktikan banyaknya masyarakat yang memenuhi rute yang dilalui oleh peserta pawai karnaval.

Untuk menambah kecintaan terhadap tanah air dan bangsa kita semua semarakkan suasana Kemerdekaan RI, para peserta mengenakan busana adat budaya Indonesia mulai dari pakaian budaya serta berbagai pakaian unik dan menarik lainnya.

Kegiatan Karnaval juga di ramaikan dengan penampilan seni budaya dan musik tradisional dari peserta karnaval yang ditampilkan yang disambut antusias oleh semua pengunjung.

Kades Seketi Aris Firmansyah yang di dampingi Istrinya saat ditemui MMCJATIM di lokasi start titik kumpul Betek mengatakan, bahwa momentum 17 Agustus ini menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan suatu kesadaran sebagai warga negara. Bahwa bangsa ini sejatinya harus bersatu, tidak boleh terpecah belah dan harus guyub rukun, tidak boleh saling menjatuhkan satu sama lain.

Tema yang saya pakai adalah Hikmah dari desa. Yaitu, adalah suatu bentuk kerukunan atau kesadaran hati yang tulus untuk masyarakat menjalin kebersamaan dari hati yang paling dalam”, papar Kades Aris

Reporter: Jum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *