Sumrambah Wabup Jombang Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke 115

sevaaliniseva

JOMBANG | MMCJATIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang memeringati Hari Kebangkitan Nasional dengan menggelar Upacara Bendera dilapangan Kantor Pemkab Jombang yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Sabtu 20/5/2023.

Disampaikan oleh Sumrambah Wakil Bupati Jombang bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 yang jatuh pada 20 Mei 2023 mengambil tema “Semangat Untuk Bangkit”. Tema ini dipilih dengan harapan dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yang pertama dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan dan merefleksikan diri terhadap perjalanan dan langkah panjang yang dilalui. Hari Kebangkitan Nasional harus dimaknai lebih, tidak hanya sekedar diperingati saja, namun juga untuk terus semangat dalam memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam persatuan dan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya visi dan misi kita ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tuturnya.

“Kedua, sebagai upaya untuk menatap masa depan yang lebih baik, sehingga sebuah cita-cita luhur saat digagasnya nilai-nilai nasionalisme yang kini menjadi tonggak peringatan harkitnas bisa terus terjaga”, tambahnya.

Sumrambah Wakil Bupati Jombang juga mengungkapkan sejarah berdirinya Boedi Oetomo. Pada masanya, dr. Sutomo beserta pelajar Stovia mendirikan perhimpunan Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Boedi Oetomo merupakan organisasi pelajar yang bergerak di bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan yang bersifat non politik. Organisasi yang menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir Kemerdekaan.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Kiranya, semangat dr. Sutomo masih relevan untuk kita kontekstualisasinya pada kehidupan berbangsa saat ini. Kita pun harus memupuk semangat persatuan dan pembangunan untuk bangkit bersama memulihkan bangsa pasca pandemi covid-19 yang melanda negara kita”, tuturnya.

Kita harus mendukung pemerintah Indonesia agar kita dapat bangkit bersama untuk Indonesia kembali Jaya. Semangat inilah yang akan kita bawa pada 115 tahun Hari Kebangkitan Nasional. Mari perkuat semangat Kebangkitan Nasionalisme kita dan tetaplah berjuang untuk menjaga persatuan dalam membangun bangsa, pungkasnya.

Hadir dalam Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 diantaranya Forkopimda Kabupaten Jombang beserta Istri, Wakil Ketua DPRD Jombang, Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang, Asisten, Staf Ahli, seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Jombang; Direktur Perusda, Pejabat Utama TNI Polri, Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat serta Pelajar.

Reporter: Jum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *