Kominfo Jombang Sinergi TMMD Ke 116 Sosialisasikan Peran KIM Dalam Penanganan Hoax

sevaaliniseva

JOMBANG | MMCJATIM – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Kominfo Kabupaten Jombang sinergi dengan Program TMMD Ke 116 memberikan Sosialisasi pada masyarakat Dusun Pojok, Desa Klitih, Kecamatan Kabupaten pada, Jumat (12/5/2023) pagi.

Masyarakat warga Desa Klitih Kecamatan Plandaan sangat antuasias mengikuti kegiatan Sosialisasi yang mengambil tema “Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Dalam Penanganan Hoax Pada Media Sosial.

Kepala Desa Klitih, Siti Rohaini menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergitas TNI, Pemerintah Kabupaten Jombang dengan hadirnya program TMMD Ke 116 yang telah memberikan bantuan fisik dan non fisik di Desanya. “Terima kasih, kami sangat terbantu semuanya atas masuknya program TMMD ke Desa kami”, tutur Siti Rohaini.

Dengan penuh semangat, Siti Rohaini Kades Klitih menyampaikan bahwa untuk sandang, pangan, papan dan perekonomian di desa Klitih, Plandaan ini cukup aman.

“Alhamdulillah, lumbung pangan kami melimpah, Insyaallah tidak sampai kekurangan. Namun, andaikan akses jalan, infrastruktur di desa Kami ini di perbaiki, Insyaallah, Desa kami perekonomiannya, kesehatannya juga pendidikannya akan jauh lebih baik, semakin maju, mandiri, dan masyarakat akan sejahtera semuanya”, tegasnya.

Kepala Dinas Kominfo yang diwakili oleh M. Eryk Arif, Kabid. Humas Komunikasi Publik menyampaikan ucapan terima kasih atas sinergitas semua pihak di dalam rangkaian kegiatan TMMD Ke 116 yang turut membangun Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, yang berkontribusi membangun, baik pada kegiatan fisik juga non fisik.

“Oleh karenanya Dinas Kominfo Kabupaten Jombang juga hadir turut memberikan di bidang non fisik. Kami hadir memberikan Sosialisasi Edukasi Wawasan kepada masyarakat, terutama terkait pentingnya Pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) dan Peran Masyarakat untuk memerangi informasi yang tidak benar atau hoax” tuturnya.

Tidak hanya itu, Dinas Kominfo Kabupaten Jombang juga akan memberikan hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat dengan memutar film dokumenter pada malam harinya.

“Sebagaimana di sampaikan Ibu Kades, bahwa Desa ini sandang pangan papan sudah kecukupan semuanya, masyarakat pegang gadget semuanya. Untuk itu perlu kami memberikan wawasan bagaimana mengelola informasi agar potensi Desa Klitih Plandaan ini dapat di explore dan diketahui oleh masyarakat luas terkait wisata alamnya, UMKM nya dll “, tandasnya.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan barokah. Peserta yang hadir akan menjadi Pioneer, dapat menjadi duta informasi di Desa Klitih Plandaan, meneruskan informasi juga wawasan yang di dapat kepada warga sekitar, termasuk kepada anak muda, generasi milenial di desa ini agar turut berkontribusi”, pungkasnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini, diantaranya Syaiful Mualimin, Ketua KIM Desa Kwaron Diwek yang juga wartawannya JTV, menyampaikan materi “KIM Ruang Terbuka Untuk Memajukan Desa”. Sementara Anik Nur Qomariyah dari Mafindo, menyampaikan materi terkait bagaimana Masyarakat Tangguh Menghadapi Hoax.

Hadir pada Pembukaan kegiatan tersebut Camat Plandaan Suparno; Kabid Humas Komunikasi Publik – Dinas Kominfo, M. Eryk Arif, mewakili Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang; Koordinator Posko TMMD Serma Farid Husain; Kepala Desa Klitih, Siti Rohaini.

Reporter: Jum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *